Sabtu, 26 Januari 2013

Penulis Cerita Detektif Pertama

Wilkie Collins kemungkinan menjadi salah satu fantasts paling menonjol dari abad ke-19. Dia juga bekerja di genre sastra lain tanpa popularitas novel fantasinya. Bahkan, dramanya yang dipentaskan dan dilakukan pada adegan teater di seluruh dunia dan cerita detektif "The Moonstone" diakui yang pertama dari jenisnya. Oleh karena itu, Wilkie Collins bisa disebut pendiri dari genre detektif dalam literatur.

Semua dalam semua, fiksi spekulatif adalah utama Wilkie Collins. Acara yang serius mempengaruhi nasib Collins, adalah perkenalannya dengan Charles Dickens tahun 1851. Penulis segera menjadi teman-teman, dan secara aktif saling membantu: Collins bertindak sebagai editor beberapa novel oleh Dickens, dan yang terakhir karya diterbitkan oleh Collins dalam jurnal mingguan «Semua Putaran Tahun» dan "Dunia Rumah Tangga". Seperti kebanyakan para penulis era Victoria, Wilkie Collins sering kembali ke tema, peristiwa supranatural mistik dan fenomena dalam karya-karyanya. Bersama penulis lain, ia mengambil bagian dalam menulis cerita pendek yang ditujukan untuk hantu dalam edisi Natal majalah sastra.

Banyak novelnya yang diadaptasi dalam film, mempromosikan kesempurnaan sastra dari penulis mereka. "The Woman in White" (1860) dianggap sebuah karya sejati Wilkie Collins. Berbicara tentang adat-istiadat sosial saat itu, Wilkie Collins menentang hormat keserakahan, prasangka kelas, hak asasi manusia dan individu. Pada abad ke-20 itu diadaptasi untuk 10 kali, versi film terbaru diperkenalkan pada tahun 1997. "The Woman in Putih" adalah novel yang ditulis lebih dari seratus tahun yang lalu, yang masih menangkap pembaca dengan alur cerita tegang, seolah-olah dibuat kemarin. Novel telah diterjemahkan ke dalam semua bahasa mungkin, dan sampai hari ini menarik esensi tajam dan pedas rahasia asli.

Seperti telah disebutkan, "The Moonstone" secara luas dibahas sebagai bagian sastra pertama dalam genre detektif. Ini memberitahu bukan hanya kisah penculikan misterius dari berlian, yang pergi dari satu pemilik yang lain secara ilegal, membawa kutukan, tapi ini karya yang indah secara alami menggabungkan fitur detektif klasik dan novel petualangan "sejarah keluarga yang aneh.". Sebuah cerita menarik segera meraih pembaca dan memegang dalam ketegangan sampai halaman terakhir. Itu ditulis pada 1868. Dalam beberapa tahun terakhir itu disiarkan sebagai acara seri.

Hal ini terkenal fakta bahwa Collins menderita bentuk arthritis yang dikenal sebagai "gout rematik", ia mengambil opium sebagai obat penghilang rasa sakit, yang telah menyebabkan penyalahgunaan dan kecanduan opiat. Akibatnya, penulis menjadi tunduk cocok paranoia. "Moonstone The" dikenakan jejak kecanduan opium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar